Tipe Email Marketing

Ada beberapa tipe email marketing yang dilakukan oleh para pengusaha online, di antaranya adalah retention email, direct email, dan beriklan di email orang lain. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Retention Email

Retention email adalah email yang dikirimkan kepada pelanggan lama agar tetap terhubung dengan bisnis kalian, ini sangat krusial bagi semua jenis bisnis. Hal yang dangat penting juga demi mendapatkan kepercayaan dan perhatian lebih bagi pelanggan kalian Isi pesan retention email biasanya bertujuan untuk menjaga hubungan baik antara pengusaha dan para pelanggan, ini adalah salah satu cara berbeda untuk menawarkan produk kalianke pelanggan.

Dengan menerapkan retention email ini, kalian akan lebih mudah untuk memasarkan produk atau jasa baru kepada para pelanggan dengan pendekatan yang unik.

Tentunya para pengusaha yang memasarkan produk atau jasa secara online dan ingin terus menjaga hubungan baik dengan para pelanggan, maka harus mengirimkan email secara teratur kepada para pelanggan dan subscriber. Terapi jangan terlalu sering karena oelanggan merasa tidak nyaman dan dianggap spam.

Retention email tidak harus berisi pesan promosi, ada baiknya diselingi dengan tips dan informasi berharga yang memang penting untuk diketahui oleh para pelanggan.

Pelanggan yang senang dengan isi email kalian akan terus loyal sehingga akan menumbuhkan bisnis kalianterus menerus, tentunya ini sangat penting bagi semua pengusaha, terutama mereka yang punya bisnis di market yang kompetitif.

2. Direct Email

Direct email adalah pesan yang kalian kirim ke list email pelanggan di mana email tersebut adalah berisi pesan penawaran atau promosi. Direct email bisa dalam bentuk teks saja atau bisa juga dalam bentuk HTML yang berisi pesan dalam bentuk multimedia yang menarik. Hal ini bertujuan jika pelanggan kalian melihat atau membaca emai akan langsung tertarik karena isi yang kalian buat sudah menarik.

Cukup banyak pebisnis online yang keliru dalam memanfaatkan direct email kepada pelanggan mereka dengan mengirim pesan penawaran/promosi dengan bertubi-tubi sehingga terkesan pesan email tersebut berisi SPAM.

Pendekatan yang salah (SPAM) kepada pelanggan atau calon pelanggan bisa berakibat buruk, misalnya pelanggan lama atau calon pelanggan akan menghapus alamat email kalian dari daftar White List mereka atau Unsubscribe dan kalian tidak bisa mengirim email lagi serta target yang telah kalian buat menghilang.

3. Beriklan Di Email Orang Lain

Hal ini ini adalah salah satu bentuk marketing yang sangat efektif dalam pemasaran secara online. Bagi kalian yang belum memiliki banyak email list dan subscriber, kalian bisa memanfaatkan email list dari publisher lain dengan membayarkan sejumlah uang kepada mereka agar mau mengirimkan email kepada list mereka dimana di dalam email tersebut terdapat pesan promosi bisnis kalian.

Cukup banyak pemilik produk yang berhasil memasarkan produk mereka dengan cara seperti ini. Mereka yang memiliki email list yang cukup banyak biasanya akan bersedia memasarkan produk orang lain untuk mendapatkan keuntungan, baik itu dengan cara affiliasi ataupun dengan cara lain.

Jadi, jangan heran kalau ada pebisnis online yang bisa mendapatkan puluhan juta rupiah dalam satu hari dari internet dengan memanfaatkan email marketing. Jangan pernah takut mencoba juga bagi kalian yang baru saja terjun di dunia email marketing, lebih baik mencoba daripada mengabaikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *