Sejarah Blog Secara Singkat

Sejarah blog

Orang yang pertama kali memperkenalkan blog adalah Jhon Barger pada tahun 1997. Ia menyebut blog, atau weblog dalam istilahnya adalah kelompok website pribadi yang selalu update secara terus-menerus. Website ini berisi link website lain yang mereka anggap menarik disertai komentar mereka sendiri.

Website yang pertama kali menciptakan layanan blog online dan gratis adalah Pitas (www.Pitas.com) pada tahun 1999. Satu bulan setelahnya, yaitu pada bulan Agustus 1999, sebuah perusahaan si San Fracisco, bernama Laboratory (www.pyra.com) meluncurkan layanan Blogger (www.blogger.com) yang kita kenal hingga sekarang. Layanan tersebut memungkinkan siapapun dapada menciptakan blog sendiri secara gratis meskipun hanya memiliki pengetahuan dasar HTML dan pemrograman.

Dengan kemudahan tersebut, perkembangan blogger semakin pesat. Setelah Blogger, Pitas berkembang cukup pesat. Muncul layanan pembuat blog lain seperti Grouksoup (www.grouksoup.com), atau Edithispage (www.edithispage.com). Sejak itu, perkembangan blog semakin pesat.

Tapi sebelum itu, diperkirakan blog pertama adalah halaman “What’s New” pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada yahun 1993. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum adanya Nestcape.

Pada bulan januari 1994, Justin Hall memulai website pribadinya yakni “Justin’s Home Page”. Website ini kemudian berubah menjadi “Links from the underground” yang bisa dibilang adalah blog pertama. Sampai pada tahun 1998, jumlah blog masih sedikit. Hal itu karena membuat website cukup sulit. Dibutuhkan keahlian khusus tentang HTML, web hosting dan lainnya untuk membuat blog. Hanya orang-orang tertentu yang memiliki keahlian tersebut yang bisa menciptakan blog mereka sendiri.

Jenis-Jenis Blog

Sejak ditemukan hingga saat ini, jenis blog berkembang pesat. Yang semula hanya bersifat pribadi, namun kini menjadi lebih beragam. Berikut adalah jenis-jenis blog yang ada di internet:

Blog Politik: blog yang berisi tentang informasi politik seperti profil, kampanye, hingga propaganda.
Blog Pribadi: blog perorangan yang memuat artikel sesuai dengan minat si pemilik blog.
Blog Kesehatan: blog yang fokus membahas informasi kesehatan.
Blog Sastra: blog yang membahas informasi seputar sastra.
Blog Traveling: blog yang membahas informasi pariwisata.
Blog Riset: blog yang berisi survey produk, jurnal penelitian, dan riset peroranan maupun institusi.
Blog Hukum: blog yang membahas hukum dan kriminal.
Blog Media: blog yang berisi informasi berita terkini.
Blog Agama: blog yang membahas informasi keagamaan.
Blog Pendidikan: blog yang berisi opini tentang Pendidikan.
Blog Bisnis: blog yang berisi informasi tentang bisnis.
Blog Fashion: blog yang berisi informasi perkembangan fashion.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *