Reseller Vs Dropship

Reseller Vs Dropship

Apa itu reseller? Apa itu dropship? Reseller adalah menyetok barang/produk orang lain kemudian menjual ulang. Sedangkan dropship adalah sebuah model bisnis di mana kita tidak menyetok barang/produk. Kita akan meminta kepada supplier untuk mengirimkan barang/produk ke pelanggan kita.

Kedua sistem ini memilki persamaan yakni sama- sama tidak memiliki produk sendiri. Kalau memiliki modal yang cukup maka sistem reseller bisa menjadi pilihan untuk menjalankan bisnis. Tapi jika modal tidak ada atau sedikit maka bisnis dropship bisa menjadi pilihan.

Kelebihan dan Kekurangan Menjadi reseller :

Kelebihan reseller:
  • Stok barang terkontrol. Dalam sistem ini, produk ada di tangan kita jadi kita bisa tahu stok barang yang ada.
  • Karena kita menyetok barang/produk, maka kita bisa menjelaskan kondisi barang/produk secara mendetil.
  • Bisa menerima pesanan dari pembeli baik secara offline maupun online.
  • Mendapatkan keuntunganyang lebih besar dari diskon
Kekurangan reseller:
  • Karena menyetok barang, maka butuh modal yang cukup besar. Dan biasanya sampai jutaan.
  • Akan kerepotan dengan pengemasan barang dan juga pengiriman.

Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Dropshipper:

Kelebihan dropship:
  • Tidak butuh modal yang besar
  • Tidak dipusingkan dengan pengemasan dan pengiriman karena semuanya sudah dilakukan oleh supplier
  • Dapat dijalankan kapanpun dan di manapuUntuk sukses memulai bisnis baik sebagai reseller ataupun sebagai dropshipper maka dibutuhkan tips khusus. Berikut beberapa tips yang bisa membantu sebagai pebisnis pemula :
Kekurangan dropship:
  • Keuntungan kecil
  • Karena barang ada di supplier maka kita tidak tahu persis kondisi barang yang dijual
  • Tidak mengetahui pasti jumlah stok barang yag ada
  • Karena tidak tahu kondisi dan jumlah barang yang ada, maka sering kena complain pelanggan apabila barang yang dikirim tidak sesuai.

***

Untuk sukses memulai bisnis baik sebagai reseller ataupun sebagai dropshipper maka dibutuhkan tips khusus. Berikut beberapa tips yang bisa membantu sebagai pebisnis pemula :

1. Daftar Sebagai Reseller atau Dropshipper

Kita bisa memilih mau menjadi reseller maupun dropshipper. Sesuaikan dengan kemampuan. Untuk menjalankan bisnis baik sebagai reseller maupun dropshipper maka kita bisa mencari toko-toko online yang menyediakan layanan tersebut. Kita bisa tanya langsung pemiliknya atau chat langsung di toko online mereka. Beberapa toko online bahkan memasang halaman khusus untuk kedua sistem tersebut. Akan tetapi, tidak semua toko online membuka layanan ini. Ada yang hanya menerima reseller saja dan ada yang menerima dropship saja. Bahkan kebanyakan tak menerima keduanya. Pastikan dengan cermat toko online yang akan menjadi partner kita.

2. Cari Supplier yang Responnya Cepat

Carilah supplier yang responnya cepat. Hal ini akan memudahkan kita dalam menjalankan kedua sistem ini. Terkhusus dropship, respon cepat dari supplier sangatlah penting. Sistem dropsship sangat bergantung dengan informasi dari supplier. Supplier yang memberikan respon cepat membuat kita nyaman menjalankan kedua sistem ini. Sebagai pemula kita bisa coba beberapa supplier untuk mengetahui mana supplier yang responsif dan mana yang tidak.

3. Coba Dulu Produk yang Akan Dijual

Mencoba produk sebelum dijual adalah salah satu hal penting. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kualitas produk yang akan kita jual nantinya. Kita bisa coba memesan di toko online yang akan menjadi supplier kita. Dari transaksi itu, kita bisa mengetahui alur dan cara pemesanan dari toko online tersebut. Selain itu kita pun bisa mengetahui kecepatan respon supplier, pengemasan produk, dan jasa pengiriman yang digunakan calon supplier kita.

4. Membuat Kesepakatan Dengan Supplier

Sistem reseller dan dropship banyak ditawarkan oleh toko online. Tiap-tiap toko online punya aturannya masing-masing. Tiap-tiap aturannya harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai di tengah jalan si supplier mengubah aturannya. Untuk itu, alangkah baiknya membuat kesepakatan di awal. Hal ini bertujuan agar masing-masing pihak bisa saling bertanggung jawab.

5. Bangun Hubungan dan Komunikasi yang Baik Dengan Supplier

Untuk menjalanka bisnis baik sebagi reseller atupun dropshipper, kita harus menjaga hubungan baik dengan supplier.Komunikasi yang baik tentu saja akan memudahlan orderan-orderan berikutnya. Jika komunikasi berjalan baik dan lancar, maka bisnis bisa berjalan bertahun-tahun.

***

Kita bisa memulai bisnis online dengan menjadi reseller atupun dropshipper. Keuntungan yang didapatkan dari keduanya juga lumayan. Jika bisa konsisten, kita bisa mempunyai toko dengan produk sendiri. Pengalaman menjalan bisnis reseller dan dropshipper ini bisa sangat bermanfaat Ketika nantinya kita punya toko online sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *