Kunci Sukses di Bisnis e-Commerce

Kunci Sukses di Bisnis e-Commerce

E-Commerce adalah perdagangan elektronik. E-Commerce atau bisa juga disebut e-dagang berasal dari bahasa Inggris yaitu Electronic Commerce. E-Commerce adalah penyebaran penjualan, pembelian, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik. Sistem elektronik itu seperti internet, televisi atau jaringan komputer lainnya.

Perkembangan e-Commerce di Indonesia sedang mengalami pertumbuhan yang signifikan. Model bisnis ini merupakan salah satu model bisnis online yang paling menguntungkan sekarang. Jika dilakukan dengan benar maka bisnis e-Commerce bisa menghasilkan pendapatan yang sangat besar.

Ada beberapa tipe e-Commerce yang ada di Indonesia. Berikut adalah Tipe e-Commerce di Indonesia:

Iklan Baris

Iklan baris adalah salah satu bentuk e-Commerce yang sederhana. Iklan baris sering ditemukan di koran-koran. Akan tetapi, di era sekarang, iklan baris sudah mulai masuk ke dunia online.

Ritel

Ritel adalah jenis e-Commerce yang semua proses jual-beli dilakukan dengan sistem yang sudah diterapkan oleh situs ritel bersangkutan. Kegiatan jual-beli di sini aman. Biasanya produknya fokus ke beberapa katergori saja.

Marketplace

Marketplace bisa dibilang adalah penyedia jasa mall online. Akan tetapi yang berjualan bukan pemilik websitenya melainkan anggota-anggota yang mendaftar sebagai penjual. Marketplace pada umumnya menyediakan keamanan dalam setiap transaksi jual-beli. Sistemya menggunakan sistem pembayaran rekening Bersama. Setiap ada transaksi yang terjadi, pihak marketplace akan bertindak sebagai pihak ketiga. Mereka akan menerima pembayaran dan menjaganya hingga produk dikirim oleh penjual dan diterima oleh pembeli. Setelah proses selesai, barulah dana akan diteruskan ke penjual.

 

Adapun faktor-faktor yang menjadi kunci sukses dalam bisnis e-Commerce adalah sebagai berikut:

  • Kualitas produk
  • Tim yang andal
  • Pengiriman tepat waktu
  • Baiknya struktrur organisasi
  • Keamanan dan kenyamanan transaksi
  • Harga yang bersaing
  • Ada Customer Service
  • Informasi produk yang detil dan jelas
  • Dalam waktu tertentu memberikan penawaran istimewa seperti diskon, gratis ongkos kirim dll.
  • Menerima kritik dan saran dari pembeli

 

Adapun tips sukses membangun e-Commerce adalah sebagai berikut:

Beriklan

Beriklan dengan Google Ads ataupun Facebook Ads sangat berguna untuk bisnis karena dapat mengincar pengunjung yang tertarget. Di Google ataupun FB ads, iklan akan ditayangkan kepada audience yang tepat.

Retargeting

Pada kunjungan pertama, kemungkinan kecil terjadi penjualan. Untuk itulah, data pengunjung sangat diperlukan. Jika menggunakan Google, maka kita bisa menggunakan Google Analytics untuk melihat data-data pengunjung. Jika menggunakan FB Ads maka bisa menggunakan data Pixel. Data-data tersebut bisa digunakan kembali untuk menarget ulang calon pembeli kita. Dengan retargeting ini, diharapkan pengunjung akan bertransaksi di kunjungan berikutnya.

Lakukan Riset Harga

Salah satu hal yang sangat sensitif dalam bisnis e-Commerce adalah harga. Penetapan harga merupakan strategi besar dalam keberhasilan bisnis ini. Pastikan harga yang kita tawarkan tidak terlalu jauh dari harga pasar.

Maksimalkan Fitur Mobile

Saat ini, pengguna mobile semakin meningkat. Untuk itulah website e-Commerce juga harus bisa menyesuaikan diri. Membuat website yang mobile friendly tentu saja akan membuat calon pembeli nyaman dan bukan tidak mungkin akan meningkatkan penjualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *