Konsep Email Marketing

Sebelum kita membahas apa itu autoresponder dan website landing page kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu konsep email marketing dan cara kerjanya.

Pada awalnya kita akan memberikan apa yang pelanggan atau konsumen kita inginkan. Usahakan sebelumnya kita mengetahui apa target pasar kita dan mengetahui umpan apa yang akan di makan seandainya kita meminta email mereka. Sebagai contoh : produk kita adalah alat olah raga spesifik jersey pemain sepakbola. Target pasar yang di bidik adalah mereka yang suka mengikuti perkembangan berita tentang sepak bola. Isi dari email berkaitan dengan sepak bola dan beberapa hal yang menarik untuk mendapatkan konsumen bahkan menarik lebih banyak konsumen lagi.

Ketika kita sudah mengetahui apa yang diinginkan para pencinta sepakbola selanjutnya supaya mereka mau memberikan email atau bergabung langkah yang dilakukan adalah memberikan hadiah berupa Majalah kumpulan berita liga eropa secara gratis dan Cuma-Cuma atau memberikan video cuplikan goal di liga dunia.

Syarat yang diberikan adalah mereka diminta mengirimkan email dan kita akan memberikan hadiah. Sebelumnya mereka diminta memasukkan email dan nomor telepon untuk di kirimkan e-book atau video secara gratis. Ini adalah langkah awal untuk mendapatkan konsumen.

  • Melakukan promosi

Kita akan melakukan suatu hal yang mebgharapkan berita sepakbola yang masuk kedalam database yang telah kita persiapakan jauh hari sebelumnya. Namun, promosi dapat dilakukan secara perlahan, artinya jangan sampai mereka merasa informasi yang kita sampaikan hanya informasi yang tidak bermanfaat. Maka dari itu, hendaknya informasi yang kita buat harus sangat menarik isinyaz.

Promosi akan semakin efektif seandainya kita sudah dapat memberikan manfaat kepada mereka dan memberikan informasi produk yang kita jual secara terus-menerus dan persuasif (ajakan). Dengan hal ini, mereka akan menberikan informasi tersebut terhadap orang terdekat mereka dan menjadikkan usaha kita lebih dikenal lagi, inilah yang dinamakan promosi sedungguhnya.

  • Prospek rutin

Seseorang yang sudah mendaftarkan emailnya kepada kita secara otomatis akan terus berada dalam target promosi kita. Ada tiga jenis informasi yang bisa kita kirimkan secara rutin ke target konsumen yang kita tuju diantaranya adalah :

  • Informasi yang berhubungan dengan minat pelanggan
  • Informasi akan suatu peristiwa tertentu (usahakan sesuai minat bakat mereka)
  • Analisis mengenai produk yang kita pasarkan seperti manfaat, kelebihan, dan diskon menarik.

Dengan adanya target ini, kita sudah mendapatkan beberapa peluang yang akan menjadikan usaha kita lebih besar lagi. Semakin banyak orang yang mengisi email terhadap kita makin banyak juga pelanggan yang akan kita tarik untuk mendaparkan sebuah email marketing yang isinya menarik. Serta hangan lupa bahwa kita harus memiliki target pasar dulu sebelum salah sasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *