Kelemahan Email Marketing untuk Bisnis Online

Tentunya, setiap teknik promosi pasti memiliki kelemahan tersendiri. Begitu pula dengan email marketing yang sedang dibahas sekarang. Email marketing memiliki kelemahan yang akan membuat pengguna menjadi kebingungan untuk mempertimbangkan penggunaan teknik promosi tersebut. kelemahan yang dimiliki oleh Email marketing memang tidak banyak,namun kelemahannya itulah yang membingungkan pengguna dan membuat mereka berpikir panjang sebelum menentukan pilihannya. berikut ini merupakan kelemahan yang wajib diketahui dan dipahami oleh pengguna sebelum menggunakan email marketing.

  1. Dapat menjadi email spam

Dalam mempromosikan suatu produk maupun jasa, bahkan suatu bisnis yang dilakukan, tentu membuat para pengguna mengirimkan email ke konsumen dengan jumlah yang tidak sedikit. Namun nyatanya hal tersebut membuat konsumen merasa ketidaknyamanan. Konsumen merasa pengirim email promosi tersebut telah melakukan spam yang bersifat mengganggu. Dengan demikian konsumen yang telah merasa terganggu lebih memilih melakukan report email spam. Setelah menerima laporan spam dari konsumen, google akan mengirimkan email promosi yang terindikasi spam tadi masuk kedalam kotak spam. Hal tersebut membuat email promosi yang pebisnis kirimkan tidak dapat dibaca lagi oleh siapapun.

  1. Email tidak dapat langsung diterima

Kadang kala dalam penggunaan email marketing, pebisnis pasti akan merasakan bahwa email promosi yang telah mereka kirimkan, tidak dapat diterima secara langsung oleh para calon pelanggan. Hal tersebut menjadikan email cenderung membutuhkan waktu yang terbilang cukup lama agar dapat masuk ke inbox email yang akan diterima pelanggan.

  1. Tidak semua pelanggan memiliki email

Kelemahan email marketing yang satu ini membuat pebisnis harus memutar otak. Kelemahan dalam menggunakan email marketing untuk sebuah bisnis tersebut yakni tidak semua calon pelanggan memiliki alamat email. Sehingga pelanggan yang tidak memiliki email tidak dapat menerima informasi pemasaran produk yang pebisnis paparkan. Karena hal itulah, pebisnis harus mencari solusi dan menemukan cara lain agar dapat mengirimkan informasi pemasaran produk pada pelanggan yang tidak memiliki email.

Kelemahan dari email marketing yang telah dijelaskan diatas cukup membuat pengguna teknik promosi ini menjadi bingung, namun disisi lain keunggulan yang dimiliki oleh email marketing ini juga tidak sedikit. Maka perlu pertimbangan dan pemikiran yang matang untuk menentukan teknik promosi yang akan digunakan agar tidak terjadi penyesalan. Dibalik semua itu, dikembalikan lagi ke para pebisnis untuk memutuskan pilihan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *