Kelebihan dan Kekurangan WordPress

Kelebihan dan Kekurangan WordPress

Tanpa harus menguasai bahasa pemrograman, siapapun bisa membuat dan mengelola website melalui WordPress. CMS yang sangat mudah dikelola menjadikan platform ini sebagai pilihan yang tepat untuk para programmer. Sama seperti platform lain, WordPress juga memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya. Lalu apa kelebihan dan kekurangan WordPress? Berikut penjelasannya:

Kelebihan WordPress:

  1. Murah dan mudah dikelola – WordPress bisa terbilang murah karena penggunanya hanya perlu melakukan pembayaran untuk domain dan web hosting saja. Selebihnya pengguna bisa mendapatkan software, plugin dan tema bisa diperoleh secara gratis. Untuk melakukan task harian seperti menulis, mengedit, mengupload, mengelola user, menginstall template dan plugin, serta menambahkan menu, pengguna WordPress tidak perlu lagi menguasai bahasa pemrograman terlebih dahulu.
  2. Membuat desain dan fungsionalitas sendiri – platform ini memudahkan pengguna dalam pembuatan desain sendiri dengan memanfaatkan berbagai macam template yang disediakan WordPress sesuai dengan kebutuhan pengguna sendiri. Contohnya saja, untuk membuat desain untuk restoran, pengguna bisa memanfaatkan template khusus yang memang ditujukan untuk membuat desain tentang seputar restoran. Selain template khusus seperti contoh tadi, masih banyak template-template lain seperti blogger makanan, bisnis kecil, praktisi kesehatan dan sebagainya. Guna memperluas pengembangan fungsionalitas default WordPress, pengguna dapat memanfaatkan plugin-plugin yang telah ada misalnya plugin untuk setiap task yang spesifik mulai dari optimasi mesin hingga event booking.
  3. Proses instalasi dan update yang mudah – proses install serta update yang cenderung lebih mudah dibandingkan platform lainnya, membuat WordPress menjadi semakin digemari para pengguna website. Biasanya kebanyakan CMS harus melakukan konfigurasi terlebih dahulu, namun tidak dengan CMS satu ini. WordPress tidak harus melakukan konfigurasi apapun. Seluruh proses yang ada pada WordPress sangatlah mudah, proses update dapat dilakukan hanya dengan satu kali klik saja.
  4. Panduan dan tutorial yang membantu – Pengguna tidak perlu merasa khawatir jika menghadapi masalah saat menggunakan WordPress. WordPress merupakan komunitas online yang sangat besar, panduan dan tutorial yang telah disediakan dapat dimanfaatkan pengguna untuk menemukan solusi jika terjadi error dan semacamnya.

Kekurangan WordPress:

  1. Tingkat keamanan – setiap penggunaan platform pasti terdapat resiko yang harus dihadapi. Bisa diketahui bahwa lebih dari 30 persen website didunia dimuat dalam WordPress, hal tersebut menjadikan WordPress rentan akan resiko terserang oleh hacker. Untuk menghindari resiko dan mengamankan website WordPress dari aktivitas berbahaya seperti yang telah dijelaskan tadi, pengguna tetap bisa melakukan pencegahan dengan cara menginstall plugin tertentu.
  2. Waktu loading – salah satu masalah yang sering dihadapi dalam penggunaan WordPress adalah lamanya waktu loading halaman sering melambat yang diakibatkan oleh plugin yang terlalu banyak diinstall pengguna. Maka, hal yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah waktu loading adalah dengan menginstall plugin caching.
  3. Konten pihak ketiga – sebelum menginstall plugin maupun template yang baru, pengguna disarankan untuk memahami ulasan dan penjelasannya terlebih dahulu. Karena sebagian besar dari plugin dan template yang ada di WordPress dibuat oleh pihak ketiga. Jika pengguna tidak memahami hal tersebut, maka dipastikan pengguna akan sering menemukan bug. Namun, pengguna dapat menghubungi tim CS (customer support) wordpress jika mengalami keraguanterhadap plugin dan template yang akan dipilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *