Cara Mencari Supplier

Cara Mencari Supplier

Salah satu cara mudah untuk memulai jualan online adalah dengan menjadi reseller atau dropshipper. Kita tidak perlu menyetok produk tapi tetap bisa jualan. Hanya saja, kalau menjadi reseller atau dropshipper terkadang terkendala di supplier. Ada supplier yang tidak bisa dipercaya sehingga merugikan kita saat jualan online. Nah, sebelum memulai bisnis ini, kita harus menemukan supplier yang terpercaya tersebut. Lalu bagaimana caranya? Berikut adalah cara mencari supplier yang terpercaya:

Bertemu Langsung dengan Supplier

Temuilah supplier secara offline atau langsung ke tempatnya. Para supplier itu tentu saja juga mencari orang-orang yang bisa menjual kembali produknya. Tawarkan kerja sama kepada mereka. Carilah supplier tangan pertama agar kita bisa mendapatkan harga yang murah. Dengan begitu, kita akan mendapatkan keuntungan yang lumayan besar. Usahakan supplier satu kota dengan kita agar mudah untuk menyetok dan mengontrol barang.

Temukan Supplier di Google

Kalau tidak bisa menemukan supplier secara langsung, kita bisa mencari alternatif lain. Coba cari supplier yang memasang iklan di Google. Dengan memasang iklan menunjukkan supplier tersebut serius.

Lihat Pelayanan Supplier

Salah satu aspek penting yang perlu dipertimbangkan saat memilih supplier adalah pelayanannya. Terkadang ada supplier yang kurang responsif. Jika seperti itu maka bisnis kita tentu saja akan terhambat juga. Carilah supplier yang memiliki respon cepat, gampang dihubungi, komunikasi baik, support yang baik terhadap reseller maupun dropshipper, dan bisa menangani pengiriman ke berbagai wilayah.

Gabung dengan Komunitas Supplier

Dengan bergabung dengan komunitas supplier, maka kita akan mendapatkan banyak informasi. Kita bisa menemukan supplier yang kita cari. Kita bisa memulai kerja sama dengan mereka.

Perhatikan Syarat dan Ketentuan yang Diberikan Supplier

Kita harus memerhatikan syarat dan ketentuan yang diberikan supplier. Perhatikan dengan seksama agar tidak merugikan kedua belah pihak. Ikuti ketentuan yang berlaku karena tentu saja kita mengharapkan kerja sama yang dapat berjalan untuk jangka waktu yang lama.

Kerja Sama dengan Beberapa Supplier

Usahakan kerja sama dengan beberapa supplier. Hal ini bertujuan untuk membuat variasi dari produk yang kita jual. Seiring berjalannya waktu kita juga akan melihat supplier mana yang bisa diajak kerja sama jangka panjang dan mana yang tidak.

Terkadang di tengah jalan, supplier akan mengubah ketentuan. Misalnya dengan memberikan aturan batasan order yang sebelumnya tidak ada. Ini tentu saja menyulitkan dan bisa jadi masalah baru. Tidak jarang ada yang keberatan dan akan memutuskan mengakhiri kerja sama. Tapi jika kita punya supplier lain, kita tidak perlu khawatir karena toko online kita bisa tetap jalan dengan supplier produk yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *