Cara Memulai Bisnis Online Shop

Cara memulai bisnis online shop

Bisnis online shop atau toko online saat ini memang sangat banyaj diminati. Jika sering belanja online, mungkin saat ini Anda harus mulai berfikir untuk memulai bisnis online shop sendiri. Anda bisa menjual apapun. Bahkan dengan sistem dropship, Anda bisa membuat online shop tanpa perlu punya produk sendiri. Bisnis online shop memang menggiurkan. Dengan membuat online shop, keuntungan yang didapat bisa berkali-kali lipat karena jangkauannya pasarnya sangat luas.

Lalu, bagaimana cara memulai bisnis online shop? Sebenarnya cukup mudah. Yang mungkin sulit adalah bagaimana mendatangkan customer ke online shop Anda. Berikut adalah hal-hal penting yan harus diperhatikan dalam memulai bisnis online shop:

Produk

Pilihlah produk yang akan Anda jual. Riset terlebih dahulu produk yang banyak peminatnya. Produk tersebut bisa produk kecantikan, kesehatan, fashion dan lain-lain. Dalam memilih produk, sebaiknya yang sesuai dengan passion, karena Anda akan bersemangat dalam menjual.

Jika tidak punya modal yang cukup, Anda bisa memanfaatkan sistem reseller atau dropship. Jadi kita bisa menjual produk orang lain dan mendapatkan keuntungan dari selisih harga.

Temukan Supplier yang Dapat Dipercaya

Kalau Anda memilih menjadi droshipper atau reseller, maka carilah supplier yang bisa dipercaya. Karena jika menggunakan sistem itu, bisnis Anda akan selalu tergantung dengan supplier. Tentu saja Anda tidak ingin mengecewakan customer bukan? Selain itu, komunikasi dengan supplier juga harus lancar.

Pilih Kurir Pengiriman

Sistem pengiriman juga merupakan faktor penting dalam bisnis online shop. Pilihlah kurir pengiriman yang benar dan dapat dipercaya. Untuk toko online, alangkah baiknya menawarkan beberapa opsi pengiriman. Selanjutnya, biar pembeli yang akan memilih kurir apa yang akan mereka pakai. Dengan begitu, customer akan bisa menentukan pilihan kurir berdasarkan pertimbangan mereka.

Tentukan Metode Pembayaran

Dalam toko online ada banyak sistem pembayaran yang biasa digunakan. Misalnya dengan via bank transfer, melauli merchant seperti Indomaret dan Alfamart, dll. Pilihlah metode pembayaran yang nyaman untuk online shop dan pembeli Anda. Untuk bank transfer, usahakan memilki beberapa akun bank. Pembeli biasanya mencari akun bank yang sama untuk menghindari biaya transfer.

Pilihlah Media Online untuk Jualan

Dalam membuat onlone shop kita bisa menggunakan beberapa media social. Misalnya blog, Instagram, Facebook, dll. Menggunakan media social juga relatife terjangkau karena hemat biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *