Apa Itu CPA?

Apa itu CPA

Apakah kalian pernah mendengar istilah CPC, CPM, dan CPA? Kalau pemula dalam bidang internet marketing pasti masih kebingungan. Apakah arti isitilah itu? Baiklah, di bawah ini akan dijelaskan gambaran tentang CPC, CPM, dan CPA.

CPC (Cost Per Click)

Apa itu CPC? CPC adalah singkatan dari Cost Per Click. CPC adalah jenis iklan yang di mana kita akan mendapatkan bayaran jika iklan tersebut diklik oleh pengunjung website kita. Adapun contoh iklan jenis ini bisa dilihat pada Google Adsense, yang harga perkliknya dibayar dengan dollar.

CPM (Cost Per Mile)

Apa itu CPM? CPM adalah singkatan dari Cost Per Mile. Ini adalah jenis iklan di mana kita akan mendapatkan bayaran ketika iklan ditampilkan sebanyak 1000 kali di sebuah website atau blog.

CPA (Cost Per Action)

Apa itu CPA? CPA adalah singkatan dari Cost Per Action. CPA adalah bentuk iklan di mana kita akan mendapatkan bayaran ketika pengunjung website atau blog kita melakukan klik atau tindakan tertentu pada iklan. Tindakan itu misalnya ketika mereka berlangganan atau membeli sebuah produk.

CPA adalah salah satu bisnis marketing yang cukup menguntungkan. Cost Per Action atau Cost Per Acquisition bisa dibilang adalah turunan dari affiliate marketing. CPA adalah salah satu cara terpopuler mendapatkan penghasilan secara online sebab komisi yang diterima bisnis ini cukup besar.

Lalu, apa saja action-action itu? Berikut adalah contohnya:

  • Mengisi form registrasi
  • Submit email
  • Isi Survey
  • Mendownload file tertentu
  • Berlangganan
  • Menginstall aplikasi atau biasa juag disebut Cost Per Install (CPI)

Dalam bisnis CPA marketing, kita berusaha mengajak orang untuk melakukan Tindakan tertentu di sebuah website, produk, atau layanan tertentu. Kemudian kita akan mendaptakan komisi ketika kita berhasil.

Bisnis CPA juga dikenal dengan nama Pay Per Lead (PPL). Artinya, kita akan mendapatkan bayaran setiap ada orang yang mersepon. Biasanya bisnis ini berupa survei atau pengisian polling. Ada beberapa cara bisnis CPA network ini. Berikut di antaranya:

Pay Per Sale (PPS)

Apa itu PPS? PPS adalah singkatan dari Pay Per Sale. PPS adalah bisnis CPA yang mana kita akan akan mendapatkan keuntungan apabila berhasil menjual satu produk. PPS adalah salah satu bisnis CPA yang paling mudah, sederhana dan bisa dibilang tanpa risiko. Ya, bisnis ini mirip-mirip dengan reseller atau affiliate marketing. Jumlah komisi yang didapat sesuai dengan kesepakatan sebelumnya.

Pay Per Click (PPC)

Apa itu PPC? PPC adalah singkatan dari Pay Per Click. PPC ini membuat kita dibayar berdasarkan klik iklan. Setiap ada orang yang mengunjungi website atau link kita dan mengklik iklan di sana, maka kita akan mendapatkan bayaran. Contohnya adalah pada Google Adsense. Semakin banyak yang klik maka semakin banyak pula komisi yang didapat. Besarnya bayaran untuk setiap klik adalah berbeda-beda.

Pay Per Action (PPA)

Apa itu PPA? PPA adalah singkatan dari Pay Per Action. Dengan PPA maka kita akan mendapatkan bayaran ketika orang melakukan aksi tertentu di website kita. Misalnya mengisi formulir, registrasi dan lain-lain.

***

Untuk bisa berhasil dalam bisnis CPA network, maka harus memiliki usaha dan kerja keras pada awalnya. Kita harus fokus. Pilihlah metode yang sesuai dengan kita. Jika bisa serius dan konsisten maka bisnis ini bisa menghasilkan pendapatan yang lumayan besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *