Apa Itu Bisnis Online?

Apa itu bisnis online?

Apa itu bisnis online? Bisnis Online adalah segala bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan secara online atau dengan kata lain, menggunakan internet untuk menjalankan sebuah  bisnis. Pada era modern seperti sekarang, banyak pelau usaha yang menjalankan bisnisnya secara online. Kenapa? Salah satu alasannya karena menjalankan bisnis secara online dapat menjangkau lebih banyak pembeli.

Lalu, apa perbedaan bisnis online dan offline? Kenapa bisnis online bisa menjadi pilihan salah satu  utama bagi para pebisnis di luar sana? Berikut adalah perbandingan antara bisnis online dan offline.

Bisnis Offline

Bisnis offline  bisa juga disebut bisnis konvensional. Ciri-ciri bisnis offline adalah  memilki karakteristik sebagai berikut:

  • Memerlukan modal yang relative lebih besar, misalnya untuk membuka took atau sewa tempat.
  • Perlu pegawai untuk menjalankan aktivitas usaha
  • Jangkauan pemasaran terbatas jarak dan waktu
  • Tidak bisa bisa dijalankan secara full time sebab terkedala jam buka-tutup
  • Terkadang terhambat oleh factor cuaca yang tidak mendukung
  • Pemilik harus terlibat langsung

 

Bisnis Online

Sedangkan ciri-ciri bisnis online adalah memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Tidak memerlukan toko fisik sehingga akan mengurangi biaya operasional
  • Dapat jalan walau tanpa karyawan
  • Jangkauannya pemasaranya luas
  • Bisa full time 24 jam
  • Tidak terkendala cuaca
  • Pemilik bisa tidak telibat karena bisa dibuat otomatis (hanya butuh sedikit penganganan manual).

 

Nah, setelah melihat perbedaan antara bisnis online dan offline tersebut, bisa dikata, menjalankan bisnis secara online ini memang jauh lebih efisien dibanding bisnis offline. Tak hanya itu, bisnis online ini pun menjanjikan keuntungan yang cukup tinggi sebab dapat menjangkau konsumen yang lebih luas.

Bisnis online sendiri sebetulnya ada beberapa jenis. Di bawah ini adalah penjelasannya:

  1. Online to online: Bisnis online yang dijalankan secara online. Contohnya seperti jualan ebook, jualan web, jualan template design dll.
  2. Online to offline: Bisnis online yang dijalankan secara offline. Contohnya seperti seminar bisnis online, kursus web, dll.
  3. Offline to online: Bisnis yang dijalankan secara offline tapi dipromosikan secara online. Contohnya seperti toko-toko online yang menjual barang secara fisik.

 

Sementara itu, berdasarkan peran para pelakunya, bisnis online sendiri terdiri dari 3 pihak, yaitu:

  1. Owner: Owner adalah pemilik usaha
  2. Marketer: Marketer adalah pelaku yang berperan memasarkan produk
  3. Publisher: Publisher yaitu, para pemilik web yang dapat menyediakan ruang untuk melakukan promosi produk

 

Dalam menjalankan bisnis online sendiri, ada beberapa syarat supaya bisa berjalan dengan baik. Berikut beberapa di antaranya:

Dapat mengoperasikan laptop atau Personal Computer (PC)

Kenapa ini penting? Karena semua kegiatan usaha nantinya dilakukan via internet, maka kemampuan untuk mengoperasikan perangkant seperti lapto tentu saja sangat diperlukan.

Punya koneksi internet yang baik

Kecepatan internet yang baik dan stabil sangat menunjang untuk menjalankan bisnis online sebab kalua koneksu internet lemot, maka aktivitas bisnis bisa tertunda.

Memilki email

Kenapa email penting? Karena email bisa digunaka untuk berkomunikasi dengan pelanggan, mengirim sales later ataupun mendaftarkan diri di berbagai website.

Memiliki akun bank local

Dalam menjalankan bisnis online, setidaknya harus punya lebih dari satu akun bank lokal. Hal ini dimaksudkan agar customer mudah dalam malakukan transfer pembayaran. Biasanya, para pembeli cenderung mencari akun bank yang sama Ketika akan melakukan transaksi.

Memiliki akun bank dunia

Akun bank dunia contohnya adalah Paypal. Memilki akun bank dunia seperti Paypal sebetulnya opsional saja. Jika kita menargetkan pasar luar negeri, maka akun seperti itu sangat dibutuhkan untuk kemudahan transaksi. Tapi jika target pasarnya hanya dalam negeri, maka akun bank dunia tidak terlalu diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *