Tujuh Cara Promosi  Toko Online

Cara Promosi Toko Online

 

Membuat toko online sendiri adalah salah satu yang banyak dilirik saat ini. Itu karena toko online memiliki potensi penghasilan yang terbilang tinggi. Toko online bisa menjadi bisnis yang menjanjikan jika bisa dikelola dengan baik.

Akan tetapi, tidak semua yang punya bisnis toko online berjalan mulus. Banyak juga yang gagal. Setiap usaha tentu saja harus butuh usaha keras untuk menjalankannya. Banyak factor yang membuat sebuah toko online sukses atau tidak.

Salah satu factor penting adalah dengan melakukan promosi. Promosi yang tepat dan tertarget akan mendatangkan banyak pengunjung. Berikut adalah 8 cara promosi toko online yang bisa diterapkan di toko online kita:

1. Facebook Ads

Salah satu promosi berbayar yang paling efektif saat ini adalah dengan menggunakan Facebook Ads. Keuntungan Facebook Ads adalah mudah dijalankan. Selain itu, kita bisa juga menarget audience yang spesifik. Keunggulan lainnya adalah kita bisa mengatur budget dan menjadwal iklan. Jika ingin mendapatkan lebih banyak pengunjung, coba gunakan Facebook Ads ini.

2. Google Ads

Dengan Google Ads, kita bisa menempatkan iklan di pencarian Google. Dengan menggunakan Google Ads ini, kita bisa mendapat audience yang sangat tertarget karena didasarkan pada kata kunci pencarian. Kita hanya perlu membayar untuk setiap iklan yang diklik pengunjung. Iklan menggunakan Google Ads sangar efektif dari segi biaya.

3. Blog

Kalau yang dua di atas tadi adalah promosi berbayar, maka menggunakan blog adalah cara promosi yang gratis. Kita cukup membuat artikel tentang produk yang kita jual. Akan tetapi kita butuh usaha keras untuk promosi menggunakan blog. Hal itu karena artikel kita harus bersaing dengan banyak artikel lainnya untuk tampil di halaman pertama Google. Namun jika bisa membuat artikel yang tampil di halaman pertama Google, pengunjung bisa datang dengan sendirinya.

4. Email Marketing

Dalam sebuah page website tekadang terdapat ajakan untuk memasukkan alamat email. Nah, itulah data yang menjadi list building. List building inilah yang digunakan oleh pemilik website untuk mengirikmakn email marketing berupa penawaran, promosi produk dll. Semakin banyak list building yang kita miliki maka semakin besar pula peluang terjadinya penjualan.

5. Mobile App

Saat ini, marketing mobile App sedang meningkat. Jadi memiliki website yang user friendly adalah sebuah keharusan. Jika melakukannya dengan benar, maka aplikasi mobil adalah salah satu cara meningkatkan nilai brand di mata pelanggan.

6. Marketplace

Banyak situs-situs marketplace yang bisa digunakan untuk promosi penjualan. Selain gratis, marketplace juga bisa meningkatkan penjualan. Contoh marketplace yang bisa digunkaan adalah Shopee, Tokopedia, Bukalapak dll.

7. Social Media

Selain Facebook, kita juga bisa menggunakan media social lain untuk promosi toko online. Misalnya Twitter, Instagram, Tiktok, dll. Media social menjadi tren untuk berbagai kalangan. Nah ini bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan toko online kita. Jika punya sedikit modal, kita bisa menggunakan promosi berbayar seperti Paid Promote. Jika tidak punya budget yang memadai maka bisa prmosi secara gratis dengan membuat konten yang konsisten. Bisa tentang produk yang kita jual, atau membuat konten-konten edukasi yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *